Cara Mengecek Tagihan Listrik

Tentu saja ada banyak sekali cara mengecek tagihan listrik agar kita bisa membayarnya tepat waktu dan tidak terkena denda keterlambatan.

Cara mengecek tagihan listrik merupakan tahap yang harus diketahui. Pasalnya, tanpa mengetahui berapa nominal harus dibayar, maka berisiko terjadi penunggakan dibelakang.

Beragam Cara Mengecek Tagihan Listik

Tentu saja jika kamu sudah mengetahui jumlah tagihan listrik setiap bulan nya kamu bisa langsung membayar nya sebelum jatuh tempo. Dan tidak ada lagi alasan untuk tidak membayar tepat waktu, dan inilah beberapa cara mengecek tagihan listik dengan mudah :

Website

Pantauan tagihan listrik bisa dilakukan dari website PLN, pengguna harus membuat akun. Langkah awalnya yakni membuka situs www.pln.co.id disusul melakukan registrasi. Tahapan registrasi membutuhkan beberapa data diri. Mulai nama, nomor meteran, sampai password. Usai seluruh info lengkap dan benar, maka berikutnya klik opsi “Daftar”.

PLN segera mengirim verifikasi ke email sesuai pendaftaran. Jika berhasil, maka pelanggan dapat segera log in. Pada tampilan dashboard terlihat beberapa opsi, salah satunya “Pelanggan”. Pada kolom disediakan, pelanggan harus mengetikkan nomor meteran disusul menekan opsi “Cari”. Usai proses selesai, layar akan menunjukkan penjelasan lengkap tentang tagihan listrik.

Aplikasi

Tips melihat tagihan listrik berikutnya dapat dicoba dalam aplikasi PLN. Langkah awalnya yakni mengunduh aplikasi bernama “PLN Mobile” dari Google Play Store maupun AppStore. Apabila pengguna belum mempunyai akun, dapat dilakukan registrasi pada menu “Daftar”. Sama seperti cara sebelumnya, pelanggan harus memasukkan data lengkap sesuai persyaratan.

Apabila akun sudah terdaftar, pelanggan dapat langsung melakukan login. Pada bagian dashboard akan menampilkan menu “Informasi”. Setelah menekannya, pelanggan dapat masuk ke “Informasi Tagihan” dan disusul “Token Listrik”. Beberapa detik kemudian layar segera menampilkan info lengkap mengenai riwayat penggunaan listrik sampai tagihan.

SMS

Dari SMS, pelanggan bisa mendapatkan berbagai info terkait tagihan listrik pada jangka 1 bulan. Langkahnya yakni mengirimkan SMS ke 8123. Pesan dikirim harus memenuhi format, yaitu “REK (spasi) No ID Pelanggan”. Tak hanya menyediakan info tagihan ketika dikirim, pengguna pun dapat berlangganan notifikasi tagihan listrik.

Langkahnya yakni mengirim SMS berformat “PLN (spasi) ON (spasi) ID pelanggan” lalu dikirimkan ke 8123. Dengan demikian, secara berkala pelanggan dikirimkan info tentang tagihan listriknya.

Call Center

PLN menawarkan pelayanan berupa call center yang siap membantu pelanggan 24 jam sehari. Langkah awalnya yaitu melakukan panggilan dengan nomor 123 yang diawali kode area. Setelah terhubung, maka operator akan memberi petunjuk untuk diikuti. Perlu diketahui bahwa mempraktikkan tips berikut diberlakukan tarif normal.

E-commerce

Tak hanya berguna dalam kegiatan berbelania, hadirnya e-commerce turut bisa menjadi solusi ketika ingin mengecek tagihan listrik. Langkah ini berlaku bagi pengguna Bukalapak, Shopee, maupun Tokopedia. Setelah membuka e-commerce, langkah berikutnya yakni menekan “Pulsa & Tagihan” atau “Pembayaran Tagihan”.

Di dalamnya terdapat berbagai pilihan termasuk “PLN”. Dalam menu PLN tercantum kolom tempat dituliskannya nomor meteran maupun ID pelanggan. Usai diketikkan, maka pengguna bisa menekan “Lanjut”. Maka layar segera menunjukkan tagihan listrik.

WhatsApp

Melihat tagihan listrik dari aplikasi obrolan WhatsApp dapat menjadi langkah simpel dan mudah. Pertama, pelanggan wajib menyimpan dahulu nomor PLN yakni 08122-123-123. Kemudian pelanggan dapat mengirim chat baru pada nomor tersebut dengan kata “Halo”. Dengan cepat bot membalas pesan tersebut bersama petunjuk tertentu guna diikuti.

Email

Pengecekan tagihan listrik bisa dicoba melalui email. Caranya yaitu dengan menggunakan fitur “Tulis Email/Compose”. Dalam bagian tujuan dimasukkan alamat email PLN, yaitu pln123@plncoid. Sedangkan, dalam subjek diisi “Cek Tagihan Listrik”. Pada badan email disertakan data nama lengkap, ID pelanggan, serta alamat email.

Beberapa saat usai email terkirim, PLN akan memberi balasan dalam bentuk e-billing. Di dalamnya terdapat informasi tentang tagihan listrik.

Nah itu dia sekilas pembahasan mengenai cara mengecek tagihan listrik agar tidak terlambat membayar.